Home » , , , , » Tips Ampuh Merawat Kulit Dari Dalam Tubuh

Tips Ampuh Merawat Kulit Dari Dalam Tubuh

Jagalah kesehatan kulit anda supaya tetap terawat seumur hidup.Perawatan kulit bukan sekedar perawatan luar saja. Kesehatan kulit juga tergantung pada bagian tubuh lain. Agar supaya berfungsi dengan baik dan tetap menarik, kulit harus dirawat dari dalam maupun dari luar. Tetapi untuk kulit wajah perlu perawatan ekstra karena merupakan kulit yang paling sensitive di antara kulit tubuh lainnya.

PERAWATAN DARI DALAM
Kecantikan toh tidak terbatas hanya dari memoles fisik dari kulit luar saja. Merawat diri, tentunya juga harus dari dalam. Percaya deh, perawatan yang Anda lakukan dari dalam akan lebih memancarkan kecantikan Anda lebih alami. Caranya? Yuk ikuti tips di bawah ini..


1. Nutrisi untuk di dalam

Perkuat kulit, rambut dan kuku anda dengan makan makanan bernutrisi seperti protein, vitamin dan mineral seperti vitamin E dan folic acid, kalsium, jat besi dan seng. Secantik apapun penampilan akan jauh lebih baik jika kecantikan tersebut berasal dari vitalitas dan kesehatan dalam diri.

Diet seimbang diperlukan untuk kesehatan kulit karena semua zat gizi, dari vitamin A sampai Zink penting bagi kulit.

Air Air adalah medium untuk mengangkut dan membuang zat-zat sisa. Makanan segar banyak mengandung air. Anda juga harus makan makanan yang kaya akan serat alami seperti sayuran dan buah-buahan segar agar proses pembuangan (buang air besar dan kecil) lancar. Kelancaran proses pembuangan sangat penting bagi kesehatan kulit.

Zat-zat gizi Semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh anda untuk kesehatan yang optimal juga diperlukan oleh kulit untuk menjaga keutuhan bentuknya. Beberapa zat gizi amat penting bagi kesehatan kulit.

Vitamin A, kadang-kadang juga disebut “vitamin kulit”, terdapat dalam produk unggas, ikan dan minyak ikan, wortel, sayuran berdaun hijau tua, melon, mangga dan pepaya.

Vitamin B-kompleks membantu sirkulasi darah pada kulit. Juga membantu membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh serta membuat kulit lebih lentur.

Vitamin C penting untuk membuat dan mempertahankan kolagen. Kolagen memberi kekuatan dan kelenturan pada semua struktur yang ditunjangnya. Jadi vitamin C penting agar kulit tetap kencang dan menarik. Vitamin C juga perlu untuk mempercepat penyembuhan dan membantu tubuh melawan penyakit. Semua sayuran dan buah segar banyak mengandung vitamin C, apalagi jika dimakan mentah.

Vitamin E memperbaiki sirkulasi dan mencegah oksidasi lemak yang berbahaya dengan meningkatkan jumlah oksigen ke jaringan dan sel-sel tubuh. Juga penting peranannya dalam transportasi, penyerapan dan penyimpanan vitamin A di dalam tubuh. Vitamin E terdapat dalam kacang-kacangan, brokoli dan kacang polong.

Mineral berperan untuk menjamin kesehatan kulit. Dalam diet perlu asupan mineral yang seimbang, vitamin dan mineral tambahan, perlu bila diet kurang akan vitamin dan mineral.

Olahraga Olahraga berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Olahraga merangsang sirkulasi, memperbaiki nutrisi sel, membantu menghilangkan stress/serta membuat tubuh segar.

2. Jangan lupakan olahraga

Makanlah makanan sehat seperti buah-buahan segar kira-kira satu jam sebelum olahraga. Ini akan membuat Anda tetap energik selama olahraga. Olahraganya sendiri akan membantu membakar kelebihan kalori dan menurunkan berat badan.

KENALI MUSUH DARI KULIT

Sinar Matahari Sinar matahari merusak serat elastin yang memberi kelenturan pada kulit, juga kolagen yang membentuk dan menunjang jaringan kulit. Pemaparan sinar matahari yang berlebihan mengakibatkan kulit menjadi tua, lelah dan dehidrasi. Kulit orang Asia lebih banyak mengandung melanin pigmen yang memberi warna pada kulit dan rambut kita yang merupakan pelindung alami terhadap sinar matahari. Namun demikian anda tetap harus melindungi kulit dari bahaya kerusakan akibat sinar matahari karena perlindungan yang diberikan melanin sifatnya terbatas.

Bila anda harus lama berada di bawah sinar matahari, lindungi kulit anda dengan memakai topi berdaun lebar, berteduh di bawah paying atau pohon, kenakan kaus lengan panjang dan celana yang terbuat dari katun dan hindari sinar matahari antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang karena saat ini sedang panas-panasnya. Gunakan tabir surya yang sesuai.

Rokok Merokok membawa kulit cepat tua. Zat benzopyrene yang ada di dalam asap rokok dapat menghabiskan vitamin C tubuh sehingga tidak dapat lagi menunjang kolagen yang sehat dan menimbulkan kerutan pada kulit.

Alkohol Alkohol merampok persediaan vitamin B untuk tubuh dan mengurangi cadangan vitamin C. Terlalu banyak alcohol berakibat buruk bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit anda.

Stres Kita sekarang mengetahui bahwa stress dapat memicu berbagai kelainan di dalam tubuh, termasuk kulit. Eksim merupakan salah satu akibat stress terhadap kulit. Dengan meminimalkan stress berarti anda mencegah bintik dan bercak pada kulit yang tidak anda inginkan. Lebih baik mencegah daripada mengobati kelainan yang sangat mengganggu.